Saturday , 20 September 2014
Breaking News
You are here: Home » Politic » KPU Siar Update Jumlah DPT Batam
KPU Siar Update Jumlah DPT Batam

KPU Siar Update Jumlah DPT Batam

Batam, batamtalknews.com- Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)  mengalami penambahan di beberapa Kecamatan setelah  dilakukan perbaikan. Namun ada juga di satu Kecamatan yang jumlah DPT-nya berkurang atau turun yakni di Kecamatan Lubukbaja. Hal tersebut dikatakan  oleh ketua KPU Batam, Muhammad Syahdan, melalui anggota komisioner lainnya, Ahmad Yani Lamintang, kepada Batam Pos di kantornya, Senin (7/10) siang. …

Review Overview

0

Batam, batamtalknews.com- Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)  mengalami penambahan di beberapa Kecamatan setelah  dilakukan perbaikan. Namun ada juga di satu Kecamatan yang jumlah DPT-nya berkurang atau turun yakni di Kecamatan Lubukbaja.
Hal tersebut dikatakan  oleh ketua KPU Batam, Muhammad Syahdan, melalui anggota komisioner lainnya, Ahmad Yani Lamintang, kepada Batam Pos di kantornya, Senin (7/10) siang.
”Hampir seluruh Kecamatan se-Batam terjadi perubahan angka DPT dalam perbaikan kali ini. Salah satunya dari Kecamatan Bulang yang sudah melapor ada penambahan jumlah DPT sebanyak 16 orang. Sementara di Batuampar bertambah puluhan orang. Dan di Bengkong dilaporkan oleh PPK ke KPU bertambah 60 pemilih,” ujar Yani panggilan akrabnya.
Sedangkan untuk Kecamatan Lubukbaja merupakan satu-satunya Kecamatan di Batam yang jumlah DPT-nya mengalami penurunan sebanyak 506 pemilih. Sebelumnya jumlah DPT di Lubukbaja sebanyak 66.204 orang pemilih. Setelah dilakukan perbaikan ulang, tinggal 65.698 pemilih.
”Berkurangnya jumlah DPT di Lubukbaja karena terdapat data ganda pemilih yang masuk DPT. Makanya setelah dilakukan perbaikan ulang, didapatlah angka yang berkurang hingga 506 pemilih,” terang mantan ketua HMI Batam periode 2011-2012 ini.
Sementara di beberapa Kecamatan lainnya, sampai saat ini belum melaporkan jumlah DPT hasil perbaikannya ke KPU Batam.
Perbaikan DPT dimunculkan oleh KPU Batam setelah beberapa caleg merasa tak puas dengan angka DPT yang muncul. Sehingga angka DPT yang muncul dari KPU Batam sempat dilakukan hearing ke DPRD.
Hasil pertemuan dengan DPRD Batam, diputuskan DPT diberikan kesempatan kepada KPU untuk diperbaiki lagi demi kualitas data pemilih nantinya.
Perbaikan data DPT akan berakhir pada 11 Oktober. Selanjutnya, menurut Yani, bagi masyarakat yang masih belum terdata di DPT lewat perbaikan sebagai pemilih, masih bisa mendaftar ke RT, RW setempat dan kelurahan.
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menggelar rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Kota Batam di Hotel Mercure, pertengahan bulan lalu. KPU Kota Batam  menetapkan 724.937 pemilih dari 12 kecamatan dan 64 kelurahan di Batam.
Dalam kesempatan itu, komisioner KPU Kota Batam juga  mengumumkan total Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang berjumlah 20.52. TPS paling banyak berada di Kecamatan Batam Kota dan Batu Aji yang menjadi basis pemilih paling banyak pada pemilu tahun ini.
Berdasarkan hasil pleno KPU Kota Batam beberapa waktu lalu, untuk sementara jumlah DPT Kota Batam, tercatat sebanyak 724.937 yang tersebar di 2052 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (bp/btn)

About redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top